Senin, 24 Juni 2013

10 Things I Hope from GagasMedia #unforgotTEN




Jeng jeng jeng!!!

Ketemu lagi nih sama mantan playboy! Hihi... sok imut banget gue pake ketawa kunti-___-

Pertama-tama, yuk sama-sama ucapin selamat buat GagasMedia karena sebentar lagi genap 10 tahun berkutat di dunia penerbitan juga perbukuan di Indonesia!

10 tahun bukan waktu yang sebentar lohh, mengingat nggak hanya GagasMedia yang menampung penulis-penulis hebat (gue masih calon) yang bersanding dengan penerbit-penerbit besar lainnya seperti.... lihat sendiri aja di toko-toko buku! :))

Sebelum gue menuliskan harapan gue, gue mau cerita sebentar awal gue mengenal GagasMedia.

Gue mulai suka membaca novel sekitar tahun 2006, tepatnya waktu itu gue masih duduk di bangku kelas 2 SMP. Mungkin gue jarang membeli buku dikarenakan orang tua gue yang kerjanya nggak seperti kalian yang tinggal minta langsung dikasih. Namun dari waktu ke waktu, gue langsung jatuh cinta sama tulisannya Mba Winna Efendi setelah sahabat gue mengajak gue pergi ke toko buku yang letaknya di Matraman.

SMP kelas 2 gue udah mulai suka menulis, cuma gue belum kenal tuh yang namanya alur, tokoh, karakter, dan lain-lain. Gue baru serius menulis selang setengah tahun putus sama pacar gue, dan ternyata menulis memang butuh komitmen yang kuat daripada cuma asal curhat.



Unforgettable, salah satu novel Mba Winna Efendi yang gue beli untuk kemudian gue berikan kepada sahabat gue karena dia waktu itu kepengen banget baca Refrain cuma udah nggak ada di toko buku yang kami kunjungi. Semula gue juga sekalian mengecek buku Boys Will Be Boys punya teman gue yang bernama Ryandi Rachman yang katanya udah terbit. Namun setelah gue tanya ke karyawan-karyawan yang jaga, mereka bilang belum ada, dan ternyata masih seminggu lagi. Gerogi nggak bawa pulang apa-apa, akhirnya gue memutuskan untuk membeli Unforgettable dan membacanya sepanjang jalan pulang. What a great story!

Beruntungnya gue bisa ikut acara Indonesia Reader's Festival 2012 yang diselenggarakan komunitas buku Goodreads Indonesia dan GagasMedia menjadi sponsor pada 2012 lalu. Yeah! Akhirnya gue bisa bertemu Mba Winna Efendi juga bisa foto-foto sebagai kenang-kenangan. Maaf nih bukan nggak mau share fotonya, tapi nanti  kalian malah pada kaget karena di foto itu gue kusut banget sebab keasyikan nulis sampai pagi! :))

Banyak ilmu yang gue dapatkan di sana, dan baru tahu juga kalau ternyata Mba Winna Efendi menerbitkan buku lagi untuk mereka yang baru berkutat di dunia kepenulisan. Gue kumpulin uang dalam seminggu, kemudian bersepeda ke toko buku, juga main air karena ketika gue nyepeda ke toko buku yang di Matraman, banjir melanda Ibu Kota Jakarta dan membuat lalu-lintas jalan di depan Pasar Jatinegara lumpuh untuk beberapa hari. Sesampainya di rumah, gue langsung menguliti buku itu dan mengeruk ilmu serta tips-tips yang sangat berguna untuk tulisan gue ke depannya. :)


Terima kasih udah baca curhatan sebelumnya, dan lihat dulu nih slogan dari GagasMedia!

"READING IS HOT, WRITING IS COOL!"

...yang artinya semua orang bisa menjadi penulis tergantung seberapa keras dia mau berjuang mewujudkan impiannya.

Impian gue adalah menerbitkan buku, dan alhamdulillah saat ini gue sedang menunggu kabar tentang naskah gue yang seminggu lalu udah masuk ke penerbit yang juga satu grup sama Gagas, yaitu Bukune. *lirik editor*


10 HARAPAN GUE:

1) Kalau mengadakan kuis di Twitter, alamat pemenang via DM aja kakak, soalnya waktu itu saya menang lomba sajak Camar Biru tapi sampai detik ini bukunya belum sampai ke rumah, padahal udah 2x kirim ke e-mail Gagas :') Dulu akunnya @AkuBukanPenulis sekarang ganti @musisilebay karena sudah yakin sama impian sendiri heuheu.

Semoga ke depan bisa makin gaul adminnya! :D

2) Tetap menjadi wadah dalam menyalurkan mereka yang ingin menerbitkan buku.

3) Selalu menghargai mereka yang berjuang dari balik layar seperti editor, desain cover, layout, dsb. *pasang muka malu*

4) Para penulis Gagas semakin semangat lagi untuk menciptakan karya-karya yang berkualitas lagi orisinil! :)

5, 6, 7, 8, 9, 10 pepatah mengatakan bahwa semakin bertambah usia semakin seseorang harus bisa lebih dewasa, dalam artian—teruslah berjuang tanpa kenal lelah ketika merasa jatuh tiada yang ingin menolong.

Segini aja dari saya dan bila ada kata-kata yang nyeleneh, mohon dimaafkan karena yang namanya manusia memang selalu bisa salah. :)

Sekali lagi...

Selamat ulang tahun yang ke-10 buat GagasMedia!


Salam hangat,
Mantan Playboy

1 komentar: